Takut bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Kawan tau gak? Kalau ada beberapa macam takut yang salah. Takut yang salah ini harus kita atasi agar kita jadi lebih berani. Nah, ini dia beberapa macam takut yang salah:


1.      Takut pada sesuatu yang abstrak. Misal kamu takut bertanya pada guru padahal kamu gak ngerti sama pelajarannya, mau ngirim cerpen kesuatu majalah takut ditolak, dll. Itu adalah ketakutan yang agak mendasar. Karena itu singkirkan rasa takutmu itu dengan memahami bahwa setiap perbuatan itu pasti mengandung risiko.
2.      Takut pada makhluk gaib. Misal kamu takut pada setan, jin, dan teman-temannya. Memang, setan itu ada dan bisa menampakan diri dalam berbagai wujud. Tapi kamu gak usah takut. Ingatlah selalu bahwa hanya Allah zat yang berhak kamu takuti.
3.      Takut pada sesuatu yang diada-adakan. Misal takut pasa alien gara-gara abis nonton film, takut pada tuyul, penunggu telaga, dll. Itu semua Cuma makhluk jadi-jadian yang kamu temui difilm-film atau sinetron. Jadi, gak usah gampang percaya deh! Takut gini mah Cuma buat anak-anak yang belum sempurna akalnya. Rasa takut itu muncul akibat kurangnya informasi. Takut terhadap khayalan, sekalipun realitasnya sangat boleh jadi bertolak belakang dengan yang kamu khayalkan itu.

Untuk menghilangkan ketakutan semacam ini, rasionalkan pemikiran kamu, kembali kealam sadar bahwa semua ketakutan berasal dari diri kita yang mensugestikan diri sendiri kalau semua itu menakutkan dan bisa jadi hanya imajinasi kita sendiri.

0 komentar:

About this blog

Moshi-moshi minna-san!
welcome to my blog ^o^/ silahkan baca jika suka!! semoga isi blog ini bermanfaat ^.^ (meski ada beberapa postingan gaje ==" hehe)

jam

Diberdayakan oleh Blogger.
hai, buat k-lovers dan j-lovers ^o^/ watasi wa isti m(_ _)m... salam kenal ya ^^

jenis cerita apa yang kamu suka?